Mengenal Persyaratan yang Wajib di Penuhi Sebelum Ambil Perumahan dari Developer

Membeli rumah tapi belum ada rumahnya secara nyata? Yup’s itulah yang terjadi ketika kita membeli rumah di developer, membeli rumah melalui developer atau pengembang ini biasanya terjadi di kota yang sudah padat penduduk dimana pasti sudah sedikit lahan yang bisa di jadikan perumahan atau hunian lainnya.


Maka dengan menggunakan jasa developer atau pengembang kamu tidak perlu susah-susah untuk mencari lahan atau tanah, juga tidak perlu menghabiskan waktu untuk membangun rumah, karena segala sesuatu yang kamu butuhkan akan dikerjakan oleh developer, lalu apa sajakah persyaratan yang wajib di penuhi sebelum ambil perumahan dari developer ini? mari kita bahas bersama.

1. Kamu diwajibkan untuk membayarkan uang bookingan untuk bisa mendapatkan rumah dari developer.

2. Jika kamu membeli rumah dari developer dengan sistem KPR yang pasti kamu harus memiliki persetujuan dari Bank terkait untuk pembelian rumah terhadap pengembang, namun jika kamu membeli secara tunai, tentu peroses ini tidak perlu di lakukan.

3. Dan peryaratan selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah dimana kamu harus menandatangani perjanjian jual beli atau yang biasa di sebut dengan “PPJB” dengan developer yang kamu gunakan jasanya, PPJB ini harus kamu baca dengan teliti karena di dalamnya terdapat berbagai macam perjanjian dari mulai kapan rumah itu di bangun dan kapan rumah tersebut bisa dihuni, maka dari itu jangan sampai kamu salah tafsir mengenai PPJB ini.

4. Untuk proses selanjutnya jika rumah sudah selesai di bangun maka kamu akan ditemukan dengan proses pemecahan HGB. Yang dimana proses tersebut dilakukan untuk membalik namakan rumah.

5. Dan yang selanjutnya kamu akan di tujukan ke notaris yang dimana kamu harus melakukan AJB atau Akta Jual Beli.

6. Lalu kamu harus kembali melakukan proses balik nama HGB ke developer untuk membalikan nama atas rumah yang sudah dibangun tersebut.

7. Dan langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah meningkatkan status rumah menjadi Sertifikat Hak Miliki atau yang biasa disebut dengan SHM

Itulah beberapa syarat dan langkah yang harus kamu lakukan ketika kamu akan membeli rumah ke depelover atau pengembang, meski membeli rumah ke developer ini memberikan beberapa kemudahan, namun pada kenyataannya ada banyak proses yang cukup memakan banyak waktu.

Namun meskipun demikian, membeli rumah dengan membeli ke pengembang ini kamu diwajibkan untuk selalu teliti, karena di era sekarang tidak sedikit kasus penipuan dengan dalih menjadi developer atau pengembang rumah dengan di iming-imingi rumah yang murah dan berbagai macam proses yang mudah, ada baiknya kamu mencari developer yang sudah terkenal baik dengan kinerjanya. Teima kasih, semoga bermanfaat