Apa Saja yang Harus di Cek Sebelum Membeli Rumah Bekas? Ini Penjelasannya

Membeli rumah bekas bukanlah hal yang salah atau merugikan, justru bisa-bisa kita akan mendapatkan keuntungan dari membeli rumah bekas ini, misal seperti mendapatkan beberapa perabotan rumah secara Cuma-Cuma, atau juga bisa mendapatkan rumah tersebut dengan harga yang lebih murah misal karena rumah tersebut dijual dengan alasan pemilik rumah tersebut membutuhkan dana darurat, sehingga rumah tersebut dijual dengan harga yang lebih murah.

Tapi hati-hati, banyak hal yang harus kamu perhatikan sebelum membeli rumah bekas ini, karena jika kamu tidak melakukan hal-hal ini, bisa saja kamu yang berniat mendapatkan untung namun yang di dapat adalah buntung, apa sajakah hal tersebut? Yuk kita bahas bersama.


Pastikan Keaslian Surat

Yang pertama harus kamu perhatikan adalah memastikan keaslian surat rumah, dan hal ini tentu diperlukan seorang yang ahli, maka agar kamu tidak merugi tidak ada salahnya kamu untuk membawa seorang ahli atau jasa yang bisa mengecek keaslian surat rumah tersebut, selain memeriksa keaslian, ahli hukum juga bisa menilai bahwa rumah tersebut tidak memiliki masalah ataupun sengketa, jangan sampai kamu membeli suatu rumah dengan harga yang lebih murah, namun ternyata rumah tersebut merupakan rumah sengketa! Sudah pasti kamu akan mendapatkan masalah ketika membeli rumah sengketa.

Periksa Saluran Air

Rumah bekas pastinya sudah digunakan berbagai macam aktifitas di dalamnya, entah itu aktifitas yang berlangsung selama berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun. Dari banyaknya aktifitas di dalam rumah, yang harus kamu perhatikan adalah aktifitas seperti mencuci piring, mandi, dan aktifitas lainnya yang berhubungan dengan air dan juga kotoran, aktifitas seperti itu yang berjalan selama bertahun-tahun tentu akan meninggalkan kotoran di saluran pembuangan air, maka ketika kamu akan membeli rumah bekas, pastikanlah bahwa saluran air di rumah tersebut dapat berfungsi dengan baik, atau pastikan bahwa pemilik sebelumnya merawatnya dengan baik.

Dengan begitu kamu tidak akan di rugikan dengan menghuni rumah bekas yang ternyata memiliki masalah pada saluran airnya, yang pasti kondisi tersebut akan membuat kamu tidak merasa nyaman ketika menghuni tempat baru tersebut, selain itu kamu juga akan dirugikan dengan pengeluaran dana lain untuk membetulkan saluran air.

Pastikan Tidak Ada Kecurangan Tegangan Listrik

Tidak sedikit orang yang melakukan kejahatan di rumahnya untuk mendapatkan keuntungan pribadi yang dimana hal tersebut sangat merugikan bagi banyak pihak, kejahatan apakah itu? Yups! Salah satunya adalah dengan menambah daya listrik, namun meteran listrik tersebut tetap berada di daya yang lebih rendah, dengan begitu penghuni rumah bisa mendapatkan listrik lebih banyak namun akan membayar lebih murah.

Hal tersebut tentu saja termasuk pada tindakan ilegal dan bisa dikenakan tindakan pidana, maka dari itu ketika kamu akan membeli rumah bekas, pastikanlah bahwa tidak ada kecurangan listrik di rumah tersebut, jangan sampai kamu membeli rumah yang didalamnya terdapat kecurangan listrik, dan tanpa kamu ketahui tiba-tiba suatu saat kamu diciduk karena telah menambah daya rumah secara ilegal, padahal kamu tidak pernah melakukannya sama sekali.

Itulah beberapa hal yang harus kamu cek terlebih dahulu sebelum membeli rumah bekas, jangan sampai kamu terlena dengan harga yang murah, atau juga terlena hanya dengan penampilan luar rumahnya saja, pastikanlah kamu mengecek berbagai macam hal di bagian dalam rumahnya juga, agar kamu tidak dirugikan dengan dengan tambahan uang untuk revarasi rumah.